DPC ASKI Sergai Ditunjuk Kemenkes RI Gelar Sosialisasi Penggunaan SIPGAR

ASAHANTV | Sergai – DPC ASKI Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ditunjuk Kemenkes RI bersama empat Kabupaten/Kota di Sumut untuk menggelar kegiatan bertajuk Swakelola Dalam Penyebarluasan Informasi Penggunaan SIPGAR di Kabupaten Serdang Bedagai bertempat di Lapangan Pangkalan Budiman Kecamatan Sei Rampah, Jum’at (19/5/2023).

Dalam pelaksanaannya,  DPC ASKI Sergai berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Sergai menggelar kegiatan Swakelola Dalam Penyebarluasan Informasi Penggunaan SIPGAR di Kabupaten Serdang Bedagai tersebut dengan berbagai kegiatan antara lain chek kesehatan, pelaksanaan pemantauan kebugaran melalui aplikasi SIPGAR, serta Senam Bersama.

Turut hadir pada kegiatan, Ketua Umum ASKI Wiwid Irawan, Perwakilan KORMI Pusat dr. Enny, Perwakilan Dinkes Sumut Hafsah, Ketua DPD ASKI Sumut Erni Puspita, Kadis Kesehatan Sergai Selamat Hartono, SKM, MKM beserta jajaran, Penasehat ASKI Sergai Yunasril, SH, M.Kn, Ketua DPC ASKI Sergai Kikky Febriasi, SH, M.Kn beserta jajaran, para Instruktur, sanggar senam serta masyarakat sekitar.

Perwakilan KORMI Pusat dr. Enny menyampaikan Kemenkes bekerjasama dengan 10 Induk Organisasi Olahraga (Imorga) yang berhimpun di KORMI untuk menyebarluaskan penggunaan SIPGAR.

“SIPGAR adalah aplikasi pengukuran kebugaran jasmani mandiri yang diakses oleh pengguna smartphone. Kebugaran jasmani yang diukur menggunakan metode jalan rockport dengan menempuh jarak 1,6 km untuk mengetahui daya tahan jantung dan paru,” imbuhnya.

Daya tahan jantung-paru, lanjutnya, adalah salah satu komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan. Sebaiknya dilakukan sebelumnya orang melakukan latihan fisik olahraga, agar dapat menentukan dosis latihan sesuai kondisi fisik dan kemampuannya tubuh, sehingga dapat terhindar dari dampak negatif latihan fisik ataupun olahraga,”.

“Pengukuran ini dapat juga untuk memantau program latihan fisik dan mengawasinya,” paparnya lagi.

“ASKI sebagai salah satu Imorga di KORMI telah bekerja sama dengannya Kemenkes sejak tahun 2005, dan sejak 5 tahun yang lalu dilibatkan dalam kerjasama ini,” Enny menambahkan.

dr Enny berharap instruktur -instruktur ASKI mampu membantu dan bekerjasama dengan Dinkes serta Puskesmas guna pelaksanaan pengukuran SIPGAR ini dan memandu latihan fisik yang baik dan benar, terukur, teratur untuk kebugaran jasmani masyarakat sebagai Agent of Change yang mendorong mau bergerak untuk meningkatkan kesehatannya.

Sementara Kadis Kesehatan Sergai, Selamat Hartono, SKM, MKM menyampaikan dukungan atas pelaksanaan kegiatan hari ini dan mengutarakan pentingnya menjaga kebugaran dan kesehatan dengan aplikasi SIPGAR Kemenkes.

“Dalam rangka menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh, kami sangat mendukung pengukuran kebugaran secara mandiri bagi masyarakat menggunakan aplikasi SIPGAR, karena dapat dilaksanakan secara mandiri dan mudah untuk digunakan hanya dengan smartphone android. Hal demikian untuk mendukung program kerja Bapak Bupati melalui visi dan misi Mandiri, Sejahtera dan Religius. Kesejahteraan salah satunya adalah kesehatan,” papar Selamat Hartono.

Sementara Ketua DPC ASKI Sergai, Kikky Febriasi menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan dengan baik.

“Terima kasih kepada Kemenkes RI atas ditunjuknya Kabupaten Sergai sebagai satu dari lima Kabupaten/Kota se-Sumut yang menjadi pelaksana kegiatan ini. Kehormatan atas kehadiran Ketua Umum ASKI Ibu Wiwid Irawan beserta jajaran, Perwakilan KORMI Pusat, Dinkes Sumut, serta atensi dan kerjasama yang sangat baik dari Pemkab Sergai melalui Dinkes yang ikut menurunkan tenaga kesehatan sekaligus pelayanan chek kesehatan bagi masyarakat, dan tak lupa pengurus ASKI, para instruktur, sanggar serta masyarakat’, terang Kikky.

“Kita berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus berkesinambungan karena kita semua ingin masyarakat sehat dan nantinya aplikasi SIPGAR ini akan terus kami sosialisasikan kepada masyarakat, guna mendukung terwujudnya Indonesia Bugar 2045,’ pungkas Kikky.(red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *