Antisipasi Begal, Polres Sergai Rutin Lakukan Patroli Malam Dan Penyuluhan Ke Sekolah

Photo: AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK (Ist)

ASAHANTV | Sergai – Maraknya terjadi begal di Medan, Binjai dan Kabupaten Deli Serdang mendapatkan sorotan keseriusan dari Kapolres Serdang Bedagai AKBP Oxy Yudha Pratesta, SIK, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Wilkum Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Saat diwawancarai wartawan, Selasa (11/7/2023) di Mapolres Sergai, AKBP Oxy menyatakan patroli dan penyuluhan terhadap orang tua terus dirutinkan untuk mengantisipasi kejahatan begal.

“Yang saya herannya pelakunya masih muda loh, maksudnya kayak gini tanggung jawabnya apa sih, punya anak istri belum. Jadikan untuk apa sih, itu yang kita herankan,” ujarnya.

Lanjut AKBP Oxy, makanya kita rutinkan melakukan Patroli malam, mulai yang masuk Lubuk Pakam hingga Tebing Tinggi untuk kita antisipasi yang mencurigai dan yang bergerombolan. Kemudian kita akan melakukan pencegahan dan penyuluhan terkait pelaku begal ke sekolah-sekolah dan ditengah-tengah masyarakat.

Kapolres Sergai juga menghimbau kepada masyarakat dan orang tua untuk menjaga dan membimbing anaknya untuk mengarahkan rajin belajar dengan tidak ikut serta dalam tindakan kejahatan.

“Bahwa motivasi begal oleh pelaku ada indikasi untuk penyalahgunaan narkoba. Nah ini menjadi tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Saat ditanya apakah sudah ada kasus begal di wilkum Polres Sergai, AKBP Oxy menjawab “Alhamdulillah belum ada, tapi jangan sampai itu jadi pemicu, angka itu gak menjadi patokan tetapi kalau itu sudah meresahkan akan kita tindak tegas,” lanjutnya.

Kapolres AKBP Oxy menegaskan Patroli setiap malam terus kita rutinkan begitu juga setiap Polsek dan Satuan lainnya. Sasaran lebih difokuskan kepada tempat yang rawan yakni Kecamatan Perbaungan, Teluk Mengkudu dan Tanjung Beringin.

“Memang setiap Polsek minim mobil patroli, namun itu tidak menyurutkan semangat untuk melaksanakan patroli dan mengamankan Kamtibmas di setiap Wilkum Polsek. Semoga Pemkab Sergai dapat memberikan hibah mobil Patroli untuk setiap Polsek,” pungkas AKBP Oxy.(red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *