Mentan Optimis PSR di Sergai Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Photo : Kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Sergai. Dok : Ist

ASAHANTV | Sergai – Menteri Pertanian (Mentan) Yasin Limpo, melakukan kunjungan kerja di Desa Bah Sidua-dua, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (4/8/2023).

“Sebagai pelaksana di lapangan Program Sawit Rakyat (PSR) PT PD Paja Pinang Group didampingi beberapa kebun lainnya seperti Socfin Indonesia ,PT Corteva Agriscience, PT PP London Sumatra, melalui dana CSR memfasilitasi 0,8 H peremajaan kebun rakyat di Desa Bah Sidua dua,” ujarnya.

Untuk PT PD Paja Pinang sendiri, sambung Pak Bobby, perusahaan menurunkan alat berat seperti beko,ekskavator dalam hal untuk melakukan pengerjaan replanting kemudian memberikan bibit sawit unggul sehingga kebutuhan kebun rakyat tersebut keseluruhannya selesai dengan sebaik baiknya,ujarnya.

Diakhir penjelasan Ketua FPKM (Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat) Paja Pinang Group (PPG) Bobby Barita Siregar mengatakan 14 kelompok tani dengan jumlah areal kebun Kelapa sawit 1.711,26 H Saat ini dalam binaan PT PD Paja Pinang Group, mengikuti laju perkembangan teknologi dan ilmu di bidang pertanian perusahaan juga mengadakan pelatihan pelatihan untuk Kelompok Kelo tani tersebut.

Dengan adanya PSR ini semoga lahan petani di seluruh Indonesia dan khususnya petani di kabupaten Serdang Bedagai semangkin subur tanaman sawit nya dan semangkin makmur para petaninya, pungkasnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Mentan RI Yasin Limpo menyampaikan bahwa di Indonesia khususnya di Sergai tanahnya subur dan kebutuhan air yang mencukupi. Oleh karenanya, ini menjadi modal utama yang dianugerahi Tuhan YME sehingga dapat dimanfaatkan dan dikelola pada sektor pertanian.

Ia menambahkan bahwa sektor pertanian berkaitan dengan bahan pangan. Dengan demikian pertanian harus menjadi salah satu yang diprioritaskan. Tak hanya itu, lanjut Mentan lagi, sektor pertanian juga merupakan wadah lapangan pekerjaan sehingga mampu memutar roda perekonomian.

”Untuk meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat pada sektor pertanian, salah satunya dengan pertanian kelapa sawit,”.

Acara PSR tersebut dihadiri Jajaran Kementerian Pertanian RI, Bupati Sergai H. Darma Wijaya bersama Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan,unsur Forkofimda Sergai, para pimpinan perkebunan, jajaran OPD Pemkab Sergai serta masyarakat sekitar.(red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *