Antusias Emak Emak di Pasar Siumbut Umbut Sambut Layanan BPJS Kesehatan Keliling

ASAHAN – Layanan BPJS Keliling untuk melayani kebutuhan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sedang berada di Pasar Siumbut Baru yang terletak di Kabupaten Asahan.

Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Kisaran hadir dengan layanan mobil kelilingnya menyapa masyarakat di Kelurahan Siumbut-Umbut Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Kamis (31/8).

Lenny Marlina T.U.M. selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran mengutarakan bahwa kegiatan layanan BPJS Keliling ini bermaksud untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN maupun masyarakat yang belum menjadi peserta untuk mengakses layanan Program JKN dengan lebih mudah tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan. 

“BPJS Kesehatan telah diamanatkan oleh negara untuk memastikan perlindungan jaminan kesehatan. Pastinya kita ingin terus lebih dekat lagi dengan masyarakat kita. Berbagai cara terus kita lakukan untuk dapat selalu bersinggungan dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada. Layanan administrasi keliling ini merupakan salah satu upaya yang cukup efektif untuk bertemu langsung dan membantu mereka dalam pelayanan administrasi program JKN,” ujar Lenny.

Pelayanan yang dihadirkan melalui BPJS Keliling ini sama seperti pelayanan yang diberikan di kantor BPJS Kesehatan. Peserta JKN dapat mengakses administrasi kepesertaan, pemberian informasi juga penanganan pengaduan langsung terkait Program JKN serta pemberian informasi seputar iuran JKN. Petugas yang melayani di BPJS Keliling ini juga akan memberikan edukasi terkait pelayanan administrasi melalui kanal lain yang dapat diakses oleh peserta JKN.

“BPJS Keliling akan selalu siap membantu kebutuhan peserta, karena pasti berbeda untuk setiap orang, tapi kita juga mengarahkan peserta untuk mendapatkan pelayanan administrasi melalui kanal-kanal lainnya. Kita tetap edukasi terus untuk penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini menyediakan banyak kemudahan di antaranya info Program JKN, pendaftaran peserta baru, pendaftaran pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan data peserta, konsultasi dokter, dan banyak menu lainnya. Juga tidak lupa Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118465765, dan BPJS Kesehatan Care Center 165,” jelas Lenny.

Tukini, salah satu masyarakat yang sedang berada di Pasar Siumbut Baru tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Ia pun segera mendatangi mobil BPJS Keliling yang sudah siap membantu peserta yang membutuhkan layanan administrasi program JKN.

“Pas saya lagi belanja di pasar, eh kelihatan mobil ini. Ada logo BPJS Kesehatannya, langsung saja saya datangi. Saya pastikan sekali lagi memang benar mobil BPJS Keliling, jadi langsung saja. Memang lagi ada yang mau ditanyakan tentang Program JKN ini,” ujarnya.

Diakui Tukini, layanan BPJS Keliling ini sungguh praktis dan bermanfaat baginya. Ia memang sudah ada niatan untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kisaran tetapi masih terkendala waktu yang tepat sehingga belum kesampaian. Dengan hadirnya BPJS Keliling ini, dia merasa terbantu sekali.

“Kalau niatannya ke Kantor BPJS Kesehatan sudah ada, kebetulan saya mau mendaftarkan diri dan keluarga. Ya sudah mumpung ada mobil BPJS Keliling ini ya sudah saya mau tanya-tanya seputar persyaratan pendaftaran, biar nanti kalau sudah ke kantor tidak bolak balik karena berkasnya kurang. Eh ternyata kata petugasnya bisa dibantu di sini saja, pas sekali waktunya. Langsung saja saya balik ke rumah sebentar dan balik lagi untuk mengurus administrasi pendaftaran. Praktis sekali ternyata,” ujarnya. Peserta JKN dapat memanfaatkan layanan jemput bola ini untuk beberapa kebutuhan administrasi diantaranya layanan pendaftaran peserta, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data kepesertaan, penggantian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), registrasi aplikasi Mobile JKN hingga pemberian informasi seputar Program JKN. (Atv2)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *