Tempat Kita Berbagi Berita

Ribuan Pomparan Pasaribu se-Indonesia akan Hadiri Partangiangan Bolon di Medan

Photo : Ketua panitia pelaksana Mubes PPRPI Dompak Pasaribu didampingi wakil ketua Parlin DE Pasaribu, sekretaris L Boston Pasaribu, Anggiat Pasaribu, Benny Pasaribu, Murni Pasaribu, Anton Pasaribu dan lainnya foto bersama usai rapat panitia.(Dok: Ist)

ASAHANTV | Medan – Ribuan orang Pomparan (keturunan) Pasaribu dan Boru se Indonesia akan tumpah ruah di Kota Medan hadiri Partangiangan Bolon, di Pardede Hall Medan, Minggu (27/8/2023).

Sehari sebelum acara, Sabtu (26/8/2023) akan digelar Musyawarah Besar (Mubes) di Gedung Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut, untuk memilih Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Pasaribu Indonesia (PPRPI).

Para pengurus PPRPI se kabupaten/kota di Indonesia sebelumnya berkumpul di Jakarta menggagas terlaksananya Mubes dan Partangiangan Bolon.Kemudian, disepakatilah Medan menjadi tuan rumah penyelenggara dengan dua acara yakni Mubes dan Partangiangan Bolon sekaligus pelantikan Pengurus PPRPI se Indonesia yang baru terpilih.

Kemudian, Ketua Umum PPRPI Pusat Dr Ir Sahala Benny Pasaribu dan Sekjen Ir Lusman Pasaribu menerbitkan SK panitia. Ketua panitia pengarah dipercayakan kepada Dr Ronsen Pasaribu (mantan Kepala BPN Medan), Sekretaris Tumpak Pasaribu, SE Ak MAk CA dan Bendahara Drs Kristian Pasaribu MBA.

Sebagai ketua umum panitia pelaksana dipercayakan kepada Dr Dompak Pasaribu, SE MSi CPA CACP (Ketua PPRPI Kota Medan), Wakil Ketua Parlin DE Pasaribu SH MH, Sekretaris panitia dipercayakan kepada Lawrence Boston Pasaribu ST, Wakil Sekretaris Anton Pasaribu, Bendahara Murni Pasaribu, Wakil Bendahara Ny Kolonel Sihotang Br Pasaribu.

Panitia dilengkapi seksi-seksi, sudah beberapa kali melakukan rapat secara zoom maupun tatap muka.Ketua panitia pelaksana Dompak Pasaribu mengatakan, keturunan Pasaribu se Indonesia dipastikan hadir dalam partangiangan bolon ini. Namun mengingat jauhnya jarak Kota Medan dengan propinsi lain maka perwakilan diutus tiap propinsi di luar Sumut.

Massa Pasaribu dan boru dari cabang-cabang kabupaten kota dipastikan ikut meramaikan perhelatan akbar ini terlebih tuan rumah Medan, seluruh sektor yang ada di Medan dikerahkan ke Pardede Hall yang dikordinir masing-masing ketua sektor.Sebelum partangiangan Bolon, pengurus PPRPI se Indonesia akan melaksanakan Mubes untuk memilih Ketua Umum PPRPI di ruang Raja Inal Siregar kantor Gubernur Sumut Jalan P Diponegoro, Medan.

Peserta Mubes adalah para pengurus cabang se Indonesia, namun yang memiliki hak suara adalah ketua-ketua cabang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan jajarannya yang memberi tempat bagi PPRPI melaksanakan Mubes,” kata Dompak Pasaribu kepada wartawan, Minggu (13/8/2023).

Partangiangan bolon, kata Dompak Pasaribu, akan diawali dengan ibadah, kemudian dilanjutkan syukuran dengan acara adat Batak seperti manortor dan mangulosi.Kehadiran “Gondang Sabangunan” dari Samosir dan artis ibukota seperti Maria Pasaribu pada acara itu diharapkan menjadikan acara tersebut semakin meriah. Disamping itu panitia akan menghadirkan “Hujur” pusaka peninggalan Op Raja pasaribu yang sudah berusia 700 tahun.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama di PPRPI se- Indonesia, teristimewa Medan menjadi tuan rumah, ini merupakan kehormatan bagi kami keluarga besar PPRPI Kota Medan. Untuk itu diharapkan, seluruh sektor di Kota Medan agar datang dengan kekuatan massa penuh, karena ini adalah pesta kita dan kebanggaan Pasaribu, marilah kita sukseskan bersama,” ucap Dompak Pasaribu seraya mengatakan, acara akan dimeriahkan dengan hadiah lucky draw dan pemberian tali kasih kepada putra-putri Pasaribu dan bere dari seluruh sektor dari sekolah SD, sampai perguruan tinggi.

Sebagai tuan rumah, Dompak mengajak keluarga besar Pasaribu dan boru agar menyuskeskan agenda Mubes dan Partangian Bolon se-Indonesia ini. Dia berterima kasih melihat seluruh panitia sampai ke tingkat seksi sudah bekerja keras mempersiapkan perhelatan akbar ini.

Dia juga mengingatkan, agenda besar Mubes dan Partangiangan Bolon PPRPI yang digelar tanggal 26 dan 27 Agustus 2023 mendatang adalah milik bersama PPRPI sehingga seluruh panitia harus bekerja dengan tulus ikhlas untuk membesarkan Punguan Marga Pasaribu dan Borunya.

“Kalau bukan kita Marga Pasaribu dan Borunya siapa lagi yang membesarkan PPRPI ini. Ingat, jika PPRPI itu bukan asset kita, tapi kitalah semua menjadi asset PPRPI,” tegas Dompak Pasaribu.

“Panitia lokal bisa mensosialisasikan kegiatan Mubes dan Partangiangan Bolon PPRPI kepada keluarga besar Pasaribu-Boru-Bere melalui sektor untuk bisa mensukseskannya dan menghadiri Partangiangan Bolon tersebut.

Didalam setiap rapat dilakukan diskusi, kita sudah mensinkronkan tugas-tugas panitia, sehingga seluruh panitia bisa bekerja sesuasi tupoksi masing-masing,” ungkapnya.

Sesuai arahan Ketua DPP PPRPI Benny Pasaribu, Dompak menyatakan siap untuk bekerja, dan tentunya akan tetap berkoordinasi dengan Penasehat dan seluruh panitia seraya berharap dukungan dan bantuan dari seluruh keluarga besar PPRPI juga setiap sektor PPDB Kota Medan. (red)

bagikan