Tempat Kita Berbagi Berita

Presiden Jokowi Lantik Jenderal Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Photo: Maruli Simanjuntak bersalaman dengan Presiden Jokowi usai dilantik menjadi KSAD di istana negara, Rabu (29/11/2023).(Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

ASAHANTV | Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru, Maruli Simanjuntak di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). Upacara pengangkatan dilakukan dengan pengucapan sumpah jabatan.

Hadir dalam acara pelantikan sejumlah menteri di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan lainnya.

Kemudian, Keputusan Presiden mengenai pemberhentian dan pengangkatan KSAD dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan.

“Memutusan, menetapkan dan seterusnya memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Agus Subiyanto dari jabatannya sebagai KSAD disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasanya yang telah disumbangkan bangsa dan republik Indonesia,” ungkap Laksda Hersan.

Kedua, lanjut Hersan, mengangkat Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai KSAD.

Selanjutnya, dilakukan penyematan tanda jabatan KSAD oleh Presiden Jokowi, dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah Jabatan.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Selain itu, menantu dari Menkomarves Luhut ini juga pernah menjadi anggota Kopasus dari Detasemen Tempur Cakra.

Maruli merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 juga pernah menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta. Melalui masa jabatannya ini ia juga pernah meraih penghargaan Danrem terbaik. (red)

bagikan