Tempat Kita Berbagi Berita

Dedikasi Dr. H. Pelmizar, MHI, Bekerja Amanah dan Lekatkan Nilai Kepemimpinan Minangkabau

Photo : Suasana Wisuda Purna Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang, Dr. Drs. H. Pelmizar, MHI, Senin (4/12/2023). Dok: Ist

Sergai – Upacara purnabakti yang mengesankan telah digelar untuk menghormati Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang, Dr. Drs. H. Pelmizar, MHI, atas dedikasinya yang luar biasa selama bertahun-tahun. Upacara Wisuda Purnabakti ini diselenggarakan secara virtual, menciptakan suasana penuh khidmat pada Senin (4/12/2023) yang lalu.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Yunasril, SH, M.Kn menyampaikan ucapan selamat atas dedikasi yang telah diberikan oleh H. Pelmizar semasa menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang.

“Selamat purna bakti Abang kami H. Pelmizar, bertahun-tahun sepenuh hati dan jiwa memberikan dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dalam memimpin PTA Padang,” paparnya kepada wartawan, Sabtu (9/11/2023) di Sei Rampah.

Yunasril juga menyampaikan kebanggaannya atas kinerja H. Pelmizar selama menjabat dengan penuh tanggung jawab dan amanah sehingga mendapatkan apresiasi dari Mahkamah Agung RI.

“Sebagai saudara kandung beliau, kami sangat bangga, H. Pelmizar melalui jabatan yang diembannya telah melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dan amanah, menjaga nama baik keluarga di masyarakat hingga purna tugas dan mendapatkan apresiasi dari Mahkamah Agung RI,” tutur Yunasril.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH, MH pada saat wisuda Purna Tugas menyampaikan bahwa “seorang pemimpin merupakan sosok sentral, seorang nahkoda yang menentukan arah gerak institusi. Sebagai putra Minangkabau, saya yakin Bapak Dr. Drs. H. Pelmizar, MHI sangat memahami bagaimana kepemimpinan falsafah dalam adat Minangkabau.” tegas Ketua MA.

Ketua Mahkamah Agung RI juga menegaskan petuah adat Minangkabau: “elok rumah karano tukang, elok surau dek tuangku, kapalang tukang binaso kayu, kapalang malin rusak kaji.” Dalam Bahasa Indonesia, artinya, “indahnya rumah karena tukang, bagusnya masjid karena ulama. Tukang yang tidak ahli hanya akan membuang-buang kayu, ulama yang tidak baik akan merusak agama.

“Dalam rangkaian acara ini, juga dilakukan Pemutaran Video Riwayat Pendidikan dan Jabatan sebagai momen bersejarah dalam karier Dr. Drs. H. Pelmizar, MHI, yang telah memberikan kontribusi besar dalam memimpin Pengadilan Tinggi Agama Padang. Dedikasinya yang tulus dan pemahaman akan nilai-nilai kepemimpinan Minangkabau memberikan inspirasi bagi generasi penerus. (red)

Photo : Suasana Wisuda Purna Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang, Dr. Drs. H. Pelmizar, MHI, Senin (4/12/2023). Dok: Ist
bagikan