Tempat Kita Berbagi Berita

Antisipasi Cuaca Buruk, Polda Sumut Siagakan Alat Berat di Daerah Rawan Bencana

Photo: Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (Dok: Ist)

ASAHANTV | Medan – Guna mengantisipasi dampak buruk cuaca pada masa lebaran di daerah rawan bencana, Polda Sumut menyiagakan sejumlah alat berat selama digelarnya Operasi Ketupat Toba 2024 dalam pengamanan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H.

“Alat berat seperti buldozer kita siagakan untuk membantu jika terjadi bencana di jalan rawan bencana,” ungkap Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat mengecek kesiapan kendaraan taktis Operasi Ketupat Toba 2024, Rabu (3/4/2024).

Menurut Kapolda, Polda Sumut bersama Dinas Terkait akan memperkuat koordinasi guna menyiagakan saran prasarana yang dapat membantu masyarakat jika dalam cuaca buruk dan bencana.

Dikatakan, Polda Sumut telah mendapat informasi dari BMKG bahwa di wilayah Sumatera Utara ada beberapa daerah yang turun hujan yakni di Kabupaten Pakpak Bharat dan Madina.

“Untuk mengantisipasi bencana di daerah itu personel akan melakukan monitoring pergerakan kendaraan dan orang yang akan menuju ke Sumatera Utara maupun yang meninggalkan Sumatra Utara,” ungkapnya cuaca ekstrim terjadi pada Perayaan Idul Fitri.

“Polda Sumut juga berkoordinasi dengan Basarnas serta stakeholder terkait untuk bersama-sama melakukan pengamanan maupun penyelamatan apabila terjadinya bencana saat lebaran nanti,” jelasnya lagi.

Kapoldasu menambahkan, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut akan melakukan rekayasa lalu lintas terutama di Jalan Lintas Prapat-Siantar.

“Untuk Jalur Prapat-Siantar akan ada proses untuk kita lakukan One Way atau satu arah apabila ekor dari kemacetan itu sudah lebih dari 2 km ,” pungkasnya.(Ind)

bagikan