Idul Adha 1445 H, Pemkab Asahan Sembelih 113 Ekor Hewan Qurban

Kisaran – Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. La Ilaha illallahu Wallahu Akbar. Allahu Akbar wlWa lillahil Hamdu. Gema takbir berkumandang dan saling bersahutan diseluruh penjuru negeri, mengagungkan kebesaran Allah SWT. Ini menandakan Hari Raya Idul Adha 1445 H telah datang menghampiri seluruh umat Islam di dunia.

Hari Raya Idul Adha, identik dengan penyembelihan hewan qurban, dimana pelaksanaan ini, mengingatkan seluruh umat Islam tentang ketaatan Nabi Ibrahim as kepada Allah SWT untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail as. Saat Nabi Ibrahim AS akan menyembelih Nabi Ismail as, Allah SWT mengantikan Nabi Ismail as dengan seekor domba.

Selesai sudah ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk menguji ketaatan dan keikhlasan dari Nabi Ibrahim dan Ismail. Kisah inilah yang menjadi cikal bakal pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha.

Baca juga :: Idul Adha 1445 H, Pemkab Asahan Sembelih 113 Ekor Hewan Qurban

Jambore Kader Posyandu ke-11 Tingkat Kabupaten Asahan Resmi Ditutup

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, juga dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Asahan. Pelaksanaan ini dilaksanakan setiap tahunnya dengan menyembelih sapi dan kambing yang berasal dari Bupati Asahan beserta keluarga, Wakil Bupati Asahan beserta keluarga, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli, OPD, dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran.

Untuk tahun ini, di Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kabupaten Asahan menyembeli 90 ekor sapi dan 23 ekor kambing dengan total lebih kurang 7 ribu bungkus yang akan dibagikan kepada masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur. Selain itu BKM Agung H. Achmad Bakrie Kisaran juga menyembeli 3 ekor sapi yang dagingnya juga akan dibagikan kepada masyarakat kota Kisaran.

Hal ini disampaikan Bupati Asahan H. Surya, BSc saat penyembelihan hewan qurban didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta keluarga, Senin (17/06/2024).

Bupati juga mengatakan, hewan qurban yang disembelih hari ini telah melalui pemeriksaan kesehatan sehari sebelumnya oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan. Dan hewan qurban tersebut dinyatakan sehat oleh Dinas terkait. (red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *