Fenomena Gerhana Matahari Hibrida, Muhammadiyah Sergai Gelar Sholat Khusuf

ASAHANTV | Sergai – Menjelang detik detik akhir Ramadhan 1444 H yang juga bertepatan dengan terjadinya Gerhana Matahari Hibrida, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar sholat gerhana matahari (Sholat Khusuf) bertempat di Masjid Taqwa Muhammadiyah Ranting Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, Kamis (20/04/2023).

Ketua PD Muhamamdiyah Sergai, Achyar,SH, M.SP kepada wartawan menyampaikan pelaksanaan sholat gerhana ini merupakan himbauan kepada sejumlah Masjid Taqwa Muhamamdiyah di Kabupaten Sergai untuk melaksanakan sholat gerhana matahari (sholat khusuf) sebagai salah satu tanda tanda kebesaran Allah SWT sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

“Melalui Maklumat No. 01/MLM/I.1/E/2023 pada Senin (18/04), Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengimbau kepada pimpinan dan warga Muhammadiyah untuk melaksanakan ibadah salat gerhana matahari (salat khusuf), memperbanyak doa, zikir, dan sedekah serta melakukan pengamatan gerhana menggunakan alat yang dimiliki,’ terang Akhyar.

Tepatnya pada hari kamis ini, sambung Akhyar, sebagaimana yang telah kita ketahui terjadi Gerhana Matahari Hibrida. Di Indonesia sendiri, gerhana total melintasi kawasan pulau Kisar Maluku Barat hingga Kabupaten Biak Numfor Papua Barat, kawasan lainnya di Indonesia dilintasi gerhana sebagian kecuali wilayah Banda Aceh dan Sabang.

Shalat gerhana dilaksanakan pada saat terjadi gerhana sampai dengan usai gerhana, baik pada saat gerhana Matahari maupun gerhana Bulan, pada gerhana total atau gerhana sebagian. Orang yang dapat mengerjakan shalat gerhana adalah mereka yang mengalami gerhana atau berada di kawasan yang dilintasi gerhana. Orang yang berada di kawasan yang tidak dilintasi gerhana tidak perlu mengerjakan salat gerhana,” pungkas Ketua PD Muhammadiyah Sergai.

Sementara Ustad Sofyan Arif Sihotang,S.Pd Dalam khutbahnya menyampaikan materi khutbah sholat tentang “Gerhana Matahari adalah Tanda Tanda Kekuasaan Allah”.  Selain itu, Hikmah dari gerhana Matahari ini dapat menundukkan kesombongan manusia.

Esensi Fenomena Gerhana dalam Islam, Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan (QS Al-Rahman: 5). Dalam peredaran bulan, bumi dan matahari tersebut kemudian terjadilah siang dan malam (QS. Al Fushshilat: 37). Dinamisnya gerakan kedua benda yang secara konsisten, pasti, dan teliti itu dapat diukur sehingga diketahui kapan akan terjadinya gerhana (QS. Al-An’am: 96).

Turut hadir dalam pelaksanaan sholat ini Kepala Desa Pon Andrianto,SP, Ketua PC Muhamamdiyah Sei Bamban Rachmat Ryanto, Ketua Ranting Muhamamdiyah Desa Pon Sunarto, Pimpinan Cabang Aisyiyah Sei Bamban Leli Sundari  dan seluruh jemaah Muhamamdiyah Sei Bamban. (red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *