Tempat Kita Berbagi Berita

Ponpes Bahrul Uluum Al-Kamal Menjadi Lautan Para Penghafal Quran

ASAHANTV – Kisaran – Pondok Pesantren Bahrul Uluum Al Kamal melaksanakan kegiatan Wisuda Tahfidz Ke-III dan Pelepasan Siswa/I SD IT, SMP IT dan Madrasah Aliyah (MA) dengan mengusung tema: “Mewujudkan Generasi yang Berprestasi, Cinta Al Qur’an dan Berakhlakul Karimah”, Kamis, (25/5/2023) di Kisaran.

Sebelum diwisuda para Santri tersebut telah mengikuti uji publik tahfidz oleh Guru Tahfidz Al Quran Ponpes Bahrul Uluum Al Kamal dan dinyatakan lulus. Adapun kriteria penilaian pada uji publik tahfidz tersebut meliputi tajwid, makhroj dan kelancaran hafalan dengan standar kelulusan minimal 75.

Ustadz Zulkarnain Sirait, S. Pd.,M.Pd selaku ketua panitia melaporkan jumlah santri yang diwisuda pada angkatan Ke- III sekaligus pelepasan Siswa/i SDIT, SMPIT, dan MA yaitu berjumlah 339 santri. Di sela laporan beliau berharap agar kiranya para Wisudawan/Wati dapat terus mengembangkan hafalan dan mengaplikasikannya di tengah-tengah masyarakat.

“Kiranya para Wisudawan/Wati dapat terus mengembangkan hafalan dan mengaplikasikannya di tengah-tengah masyarakat,”ujarnya.

Beliau juga menambahkan, kegiatan wisuda dan pelepasan santri ini di rangkai dengan penampilan tari kreasi dan juga melakukan tes secara langsung kepada salah seorang Santri yang telah mampu menghafal Al Quran 30 juz dalam waktu 6 bulan.

Direktur Pondok Pesantren Bahrul Uluum Al Kamal Asahan Ustadz Ricco Permata, S.Kom.I mengatakan dengan adanya wisuda tahfidz ini akan menjadi Gols/tujuan peningkatan hafalan pada tahun ini awalnya 1 juz menjadi 2-3 juz bahkan sampai 30 juz Al Quran. Kemudian teruntuk pelepasan Siswa/i SDIT, SMPIT dan MA beliau berpesan agar menjaga nama baik sekolah, keluarga dan almamater sekolah.

“Kebiasan yang baik di sekolah agar diteruskan walapun berada diluar pondok/sekolah. Ucapan Terima kasih kepada seluruh stake holder yang telah mendukung dan mensuksekan acara ini,”jelasnya.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Wali Santri karena telah mempercayakan pendidikan anaknya kepada Yayasan Islam Ponpes Bahrul Ulum Al Kamal Asahan.

Selanjutnya Pembina Yayasan Buya Saiful Bahri dan Ketua Yayasan Ummi Putri Seroja, S. Kep. Ners beserta seluruh unsur Yayasan menyematkan tanda lulus kepada para santri dan siswa.

Wali siswa SMP IT, Tengku Amir Hamzah mengucapkan terimakasih kepada dewan Guru dan sepenuhnya kepada Yayasan Ponpes Bahrul Uluum Al Kamal karena beruntungnya di pondok anak-anak mendapatkan kebahagian di dunia maupun di akhirat dengan memperoleh ilmu pengetahuan dan hafalan Qur’annya.

Bapak Muhammad yusuf Lubis, SH, MSI Staf ahli bidang Hukum dan Pemerintah mengatakan, ucapan terima kasih kepada Yayasan yang telah mendukung Visi Misi Kab. Asahan yang Religius, Sehat dan Berkarakter. Melalui dunia pendidikan dan pengajaran yang dilakukan diharapkan akan terwujud generasi Bangsa yang berkarakter dan berakhlakul karimah.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan Posesi Wisuda dihadiri oleh Staf Ahli Kab. Asahan, Kadis Pendidikan, Penasehat Yayasan, Ketua Yayasan dan Kepala sekolah disemua tingkatan.(Red)

bagikan