Tempat Kita Berbagi Berita

Bupati Kukuhkan Kampung Siaga Bencana, Sergai Terima Bantuan Kemensos RI

ASAHANTV | Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H. Darma Wijaya pimpin Apel Pengukuhan dan Simulasi Kampung Siaga Bencana dalam rangka kesiapsiagaan dan mitigasi Bencana Tahun 2023 di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, Jumat (7/7/2023).

Turut hadir Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Kadis Sosial Provinsi yang diwakili oleh Heny Sitinjak, SH, Kementerian Sosial RI yang di wakili oleh Siti Farida, Kadis Sosial Sergai Arianto, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Dinsos Sergai Effendi Marpaung, Forkopimcam Sei Rampah, Kades Sei Rejo Muliono, Camat Tebing Tinggi , Camat Tanjung Beringin, TKSK se-Sergai, TAGANA Sergai, Satpol-PP dan Pramuka.

Bupati Sergai, H. Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan pembentukan kampung Siaga Bencana sudah kita laksanakan dan diakhiri pada hari ini kegiatan apel pengukuhan dan simulasi Kampung Siaga Bencana.

“Ini adalah salah satu kegiatan bersama bagi masyarakat untuk meningkatkan rasa kebersamaan, kepercayaan diri serta membangkitkan rasa kesetiakawanan sosial dan kepedulian khususnya warga masyarakat yang berada di daerah rawan bencana,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, Desa Sei Rejo adalah salah satu yang menjadi lokus kegiatan pembentukan Kampung Siaga Bencana ini sangat tepat, mengingat lokasi yang dimaksud sering mengalami bencana banjir.

“Antisipasi yang dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan pra bencana menjadi bermakna serta dapat menguatkan masyarakat,”ujar Darma Wijaya.Bupati Sergai menambahkan, melihat sangat berartinya kegiatan pembentukan Kampung Siaga Bencana ini, maka kepada peserta sekalian kiranya dapat meneruskan semangat kemanusiaan ini secara serius dan seksama.

“Saya berharap kepada pengurus Kampung Siaga Bencana dapat menyerap maksud-maksud yang terkandung dalam kegiatan ini serta dapat dilakukan dalam keseharian dan bukan hanya kegiatan seremonial belaka,”tutupnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial RI dalam rangka Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Sergai Senilai, Rp. 510.523.801, yang terdiri dari isi lumbung KSB di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah dan sertifikat bagi peserta pelatihan Kampung Siaga Bencana.(red)

bagikan