Tempat Kita Berbagi Berita

Gubsu Edy Kagum Lihat Kompaknya 14 Etnis di Asahan

Photo : Gubsu Edy Rahmayadi saat membuka PSBD ke V di Kabupaten Asahan pada Sabtu (22/7/2023).Dok : Ist

ASAHANTV | Asahan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri dan membuka kegiatan pagelaran seni budaya daerah (PSBD) ke V di Kabupaten Asahan pada Sabtu (22/7/2023).

Pada kesempatan itu, Edy menyampaikan kekagumannya terhadap Kabupaten Asahan yang mampu menghadirkan pagelaran seni budaya daerah dengan bersatu mengumpulkan 14 etnis yang ada.

“Kegiatan di Asahan ini bagus karena bersatunya 14 etnis. Inilah warisan dari sesepuh kita yang harus dilestarikan,” kata Edy.

Menurutnya kegiatan pagelaran seni budaya ini tak banyak dilakukan oleh Kabupaten Kota di Sumatera Utara dan ternyata dapat dilakukan di Asahan bahkan terlaksana sudah lima kali serta menjadi event tahunan.

“Inilah yang saya pikir harus selalu kita dukung, bagaimana etnis etnis ini membangun kekompakan, bersatu untuk berfikir untuk memajukan Asahan. Kalau Asahan maju, Sumatera Utara akan bermartabat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Edy didampingi Bupati Asahan H Surya juga mengunjungi beberapa rumah adat diantara Melayu.

Sementara Bupati Asahan H Surya menyampaikan pagelaran seni budaya daerah PSBD ke-V ini diharapkan menjadi penyemangat dan media edukasi kepada masyarakat untuk saling mencintai dan mempelajari budayanya dari tiap-tiap etnis.

“Sebab selama satu hari penuh kami memberikan kesempatan dari 14 etnis ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat apa-apa yang menjadi budaya mereka baik itu tari-tarian, kesenian hingga adat istiadat dalam pernikahan misalnya dengan harapan PSBD ini menjadi panggung untuk masyarakat dalam pelestarian nilai-nilai budaya,” kata Surya.

Surya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara yang telah membuka dan hadir pada PSBD ke V di Asahan.Sementara Ketua Forum Komunikasi Lembaga Adat (Forkala) Asahan Humaidi S Pane mewakili 14 etnis lembaga adat di Asahan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan PSBD ini yang didukung oleh pemerintah daerah.

“Kami 14 etnis di Asahan ini selalu berkoordinasi dan siap menjalankan serta membantu tugas pemerintah dalam menjaga kerukunan dan ketentraman di NKRI,” ujarnya.(ATV5)

bagikan