Tempat Kita Berbagi Berita

Jokowi Resmikan WHOOSH, Kereta Cepat Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara

Photo: Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023). (Foto : BPMI Setpres/Kris)

ASAHANTV | Jakarta – Presiden Joko Widododidampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam yang diberi nama WHOOSH tersebut merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung WHOOSH saya nyatakan dioperasikan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden menjelaskan, bahwa nama WHOOSH dipilih sebagai nama KCJB yang terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi tersebut. Selain itu, nama tersebut merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat.

Lebih lanjut, Presiden juga mengatakan bahwa KCJB merupakan bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam modernisasi transportasi massal di Tanah Air yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun dengan TOD (transit oriented development).

Menurut Presiden, KCJB merupakan hal baru bagi Indonesia. Presiden pun berharap jajarannya tidak akan takut untuk belajar dan mencoba hal-hal baru dalam mengembangkan sejumlah proyek transportasi massal di Tanah Air, meskipun dalam prosesnya akan timbul hal yang tidak terduga, kesulitan, masalah, hingga ketidaksempurnaan.

“Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga dan kita tidak perlu takut karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan makin sedikit. Biaya kesalahan juga akan makin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan makin rendah,” ucap Presiden.

Presiden pun minta jajarannya untuk tetap semangat dan menerima kritik dari masyarakat sebagai bahan masukan dalam melakukan pembangunan di Tanah Air. Hal tersebut penting sebagai bekal untuk menghasilkan pembangunan infrastruktur dan transportasi massal yang lebih baik di masa mendatang.

“Keberanian kita mencoba hal-hal yang baru memberikan kepercayaan, memberikan kita kesempatan untuk belajar kepada anak-anak bangsa, dan akan sangat berguna bagi masa depan membuat SDM-SDM kita makin maju dan bangsa kita makin mandiri,” tutur Presiden.

Usai melakukan peresmian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KCJB menuju Stasiun Padalarang.

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah sejumlah pimpinan lembaga negara, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, hingga sejumlah pimpinan fraksi dan anggota DPR RI. (red/BPMI Setpres)

bagikan