Massa PMPRI Gelar Aksi Demo Desak Manager PTPN IV Air Batu Dicopot

Photo; Massa dari LSM PMPRI gelar demo di Kantor PTPN IV Kebun Air Batu Kec Air Batu Kab Asahan, Senin (30/10/2023). Dok: Ist

ASAHANTV | Asahan – Puluhan massa dari Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (DPC-PMPRI) Kabupaten Asahan, menggelar aksi demo di Kantor PTPN IV Kebun Air Batu Kec Air Batu Kab Asahan,Senin (30/10/2023) sekitar pukul 11:30 Wib.

Dalam aksinya, massa PMPRI meminta dan mendesak Direktur Utama (Dirut) PTPN IV untuk segera mencopot Manager Kebun PTPN IV Air Batu dari jabatannya. 

Pasalnya, selama Manager tersebut bertugas di perkebunan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, telah banyak permasalahan terjadi di kebun dan terlebih lagi adanya indikasi KKN. 

“Kami meminta Dirut PTPN IV segera mencopot Manager PTPN IV Kebun Air Batu dari jabatannya. Karena sejak manager memimpin banyak terjadi dugaan mark-up penggunaan anggaran biaya dalam perawatan dan pemerajaan kebun. Adanya tandan buah sawit (TBS) yang diduga sengaja tidak diangkat sehingga menjadi restan, sehingga merugikan keuangan BUMN,” teriak Adha Khairuddin, selaku Korlap aksi.

“Kami menduga adanya konspirasi jahat antara pihak manajemen PTPN IV Kebun Air Batu dengan pemborong/rekanan. Karena banyaknya areal Kebun yang tidak bersih (kotor) yang dinilai tidak dikerjakan, padahal biaya perawatan ada. Jadi diduga diselewengkan oleh pihak management yang bekerjasama dengan pihak rekanan,” ujar Dedi Bower orator aksi. 

Setelah beberapa lama melakukan orasi didepan kantor PTPN IV Kebun Air Batu. Akhirnya 3 (tiga) orang perwakilan pendemo  diterima oleh Asisten Personalia Kebun (APK) Zainul Azhar Siregar yang didampingi Asisten Kebun (Askep).

Dalam jawabannya, APK Zainul Azhar Siregar mengaku akan memanggil pihak- pihak perusahaan yang mengelola Kebun. Bahkan mereka akan melakukan pemanggilan dan teguran kepada pihak perusahaan yang melaksanakan perawatan. 

“Pihak kami akan segera memanggil dan melakukan teguran kepada pihak rekanan/pemborong dalam permasalahan tersebut,” kata Zainul Azhar Siregar

Usai mendengar jawaban dari pihak PTPN IV Kebun Air Batu, puluhan massa LSM PMPRI membubarkan diri sembari menyampaikan akan kembali melakukan aksi demo lanjutan dengan tujuan Kantor Direksi PTPN IV di Kota Medan. (HN)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *