Tempat Kita Berbagi Berita

Bupati Taput Resmikan DTW Salib Kasih di Siatas Barita

Photo: Bupati Taput Nikson Nababan menandatangani prasasti, peresmian pengembangan dan pembangunan DTW Salib Kasih, di Desa Simorangkir Julu Kecamatan Siatas Barita, Rabu (22/11/2023). Dok: Ist

ASAHANTV | Taput – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dr Drs Nikson Nababan MSi meresmikan pengembangan dan pembangunan Daya Tarik Wisata (DTW) Salib Kasih, di Desa Simorangkir Julu Kecamatan Siatas Barita, Rabu (22/11/2023).

Peresmian yang diawali dengan kebaktian singkat dipimpin oleh Pdt. Jeddin Sinaga STh, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Taput Nikson Nababan.“Puji Tuhan kita bisa hadir meresmikan tempat wisata baru di Tapanuli Utara ini ,” ungkap Bupati Taput Nikson Nababan dalam sambutannya.

Nikson pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mengalokasikan DAK fisik bidang Kepariwisataan pada TA 2023 guna pengembangan kepariwisataan di Taput.

Fasilitas di kawasan Salib Kasih ini, jelas Nikson, berupa rekreasi penunjang kegiatan wisata, pembangunan fasilitas umum, pembangunan fasilitas aksesibilitas serta pembangunan taman wisata olahraga.

Menurutnya, pada tahun 2024 nanti Pemkab Taput juga akan membenahi DTW Salib Kasih pada area monumen Salib Kasih, agar tidak tertinggal melalui pembangunan rumah ibadah yang diperindah dengan penataan lansekap di sekitarnya.

“Kita berharap DTW Salib Kasih ini, dapat menjadi one stop tourism ,” ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Taput Sasma Situmorang melaporkan, bahwa pengembangan dan pembangunan DTW Salib Kasih telah selesai.

Pembangunan dimaksud, jelas Sasma yaitu, pembangunan fasilitasi rekreasi penunjang kegiatan wisata dengan Nilai kontrak Rp. 3,9 miliar terdiri dari, satu unit menara pandang, lima unit kios kuliner, tiga unit kios souvenir, empat unit gazebo, plaza area dan plaza kuliner serta bangku taman.

Kemudian, pembangunan fasilitas umum dengan nilai kontrak sebesar Rp 1.197 miliar lebih, terdiri dari empat unit toilet dan kelengkapannya serta plataran parkir.

Selanjutnya, terdapat pembangunan fasilitas aksesibilitas dengan nilai kontrak sebesar Rp 706 juta lebih yaitu, aksesibilitas dalam kawasan, lampu taman, papan interpretasi, papan petunjuk arah.

Ada juga pembangunan taman wisata olahraga dengan nilai kontrak Rp 2,797 miliar lebih terdiri dari jogging track, jalur sepeda, skatepark, outdoor fitness, lapangan olahraga multifungsi dan jalur refleksi.

Serta pembangunan gedung pusat kreasi destinasi pariwisata dan pengadaan perlengkapannya dengan nilai kontrak sebesar Rp 5.53 miliar lebih.

Acara peresmian turut dihadiri, unsur Forkopimda, staf ahli Bupati, para asisten setdakab, pimpinan daerah Kabupaten dan Ketua DPC HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Taput Melvi Novita Situmeang. (mu/red)

bagikan