Tempat Kita Berbagi Berita

Warga Tionghoa Kisaran, Rayakan Imlek di Klenteng Hian Thian Siang Tee

Foto: Forkopimda Kabupaten Asahan, melaksanakan pengecekan rumah ibadah (Klenteng) perayaan Tahun Baru Imlek.

KISARAN, (ASAHANTV) – Warga Tionghoa di Kota Kisaran, melaksanakan perayaan tahun baru imlek 2575 Khongzili, bertempat di rumah ibadah atau Klenteng di Jalan Panglima Polem Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Sabtu (10/02/24).

Sejumlah warga tampak antusias melaksanakan kegiatan ibadah dari etnis Tionghoa di Klenteng Hian Thian Siang Tee (Cap Jie Keng, Pintu 12) di Jalan Panglima Polem Kisaran, Kelurahan Tegal Sari, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Dalam bahasa Tiongkok, (im) memiliki arti bulan, sedangkan (lek) berarti penanggalan. Tahun baru imlek 2024 ini adalah tahun Naga. Naga adalah hewan kelima di antara 12 hewan dalam zodiak China. Sebelum naga, ada kelinci, sementara tahun ular ada setelah naga.

Lie Chen salah seorang warga Tionghoa yang melaksanakan perayaan imlek mengatakan, biasanya tahun Naga ini tahun yang paling bagus bagi kepercayaan orang Tionghoa.

“Tahun Naga ini, banyak diharapkan orang Tionghoa, agar usahanya kedepan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Karena Naga dipercaya sebagai binatang yang paling tinggi dari 12 hewan dalam zodiak China.

“Kami tadi melihat dan disambut langsung pengurus Klenteng. Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah ini adalah pelaksanaan ibadah yang membawa berkah. Terutama bagi masyarakat Tionghoa dan masyarakat Asahan tentunya”, kata Bupati Asahan H. Surya

“Sebentar lagi kita akan menghadapi pentas demokrasi. Mudah-mudahan tahun baru ini kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, dan pemilu terlaksana aman, tertib, dan tentram bagi kita semua kepada masyarakat Kabupaten Asahan”, tambahnya

Untuk memastikan keamanan selama perayaan ibadah tahun baru imlek, Pemerintah Kabupaten Asahan bersama pihak kepolisian melaksanakan pengecekan warga yang sedang beribadah. (ATV4)

bagikan