Tempat Kita Berbagi Berita

Jalan Tol Limapuluh-Kisaran Akan Uji Laik Fungsi

Photo: Persimpangan masuk menuju gerbang pintu tol Kisaran (Foto Atas). Bagian dari ruas jalan tol Kisaran. (Foto Bawah). Dok: kemenpupr/ist

ASAHANTV | Kisaran – Pembangunan ruas jalan tol Limapuluh-Kisaran di Sumatera Utara (Sumut) akan segera dioperasikan. Namun sebelum jalan tol ini difungsikan, akan terlebih dahulu dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

ULF Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 31,9 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera ini, pembangunannya sudah selesai dilakukan pada 29 Februari 2024 lalu.

Kegiatan ULF dilaksanakan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan di ruas jalan tol telah sesuai dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Nantinya, jalan tol yang menghubungkan berbagai kawasan strategis ini akan mempersingkat waktu tempuh dari 4 jam menjadi 2 jam dan meningkatkan perekonomian masyarakat pada wilayah yang terkoneksi.

Diketahui gerbang pintu tol Kisaran berada di jalan besar Sei Renggas, Kecanatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan.Kapan pastinya ruas tol Limapuluh-Kisaran ini dapat difungsikan, belum diketahui secara pasti. Namun, informasinya dalam waktu dekat ini juga pasca dilakukan ULF.

Suprapto seorang pedagang warga Kisaran yang mengaku dalam semingu beberapa kali keluar daerah seperti Tebingtinggi dan Medan mengaku sangat bersyukur dengan difungsikannya jalan tol ini, karena akan mempersingkat waktu dan jarak tempuh.

“Selesainya jalan tol ini, sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah ,” ucap Suprapto bersama warga lainnya. (Kemenpupr/Ind)

bagikan