Tempat Kita Berbagi Berita

Rumah Warga di Sergai Terbakar, Mobil Damkar Mogok Saat Hendak Padamkan Api

Photo: Mobil Damkar yang mogok saat hendak padamkan rumah warga yang terbakar di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai. (Dok: Ist)

Sergai – Satu unit rumah permanen di Dusun XIV Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (3/4) sekira pukul 21.15 WIB.

Mirisnya, saat api mulai membesar melalap rumah beserta isinya namun Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sergai malah mengalami mogok persis di Jalinsum Medan Tebing Tinggi, depan Kantor Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

“Ya bang, sangat miris sekali dengan kondisi darurat pas mau belok ke tempat kejadian perkara (TKP) malah mobil damkar mogok bang,”ujarnya kepada wartawan, Rabu (3/4) malam.

Terpisah, Kasat Pol PP Sergai Wahyudi saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran rumah warga tersebut.

Namun saat disinggung apakah benar mobil damkar mengalami mogok tidak merespon.

“Bang, ini kami masih upayakan penanganannya,”ujarnya kepada media ini.

Diketahui sebelumnya, Polsek Firdaus memberikan respon cepat ketika mendapatkan informasi adanya musibah kebakaran yang melanda salah satu rumah warga di Dusun XIV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, pada Kamis malam (3/4/2024), pukul 21.15 WIB.

Kapolsek Firdaus AKP Andi Sujendral melalui Kasi Humas Polres Sergai Iptu Edward Sidauruk, mengatakan, setelah menerima laporan, Personel Polsek Firdaus langsung bergerak. Mereka segera menghubungi pemadam kebakaran dan PLN untuk mengatasi situasi yang mencekam tersebut.

“Langkah awal yang dilakukan Personel ini membantu mengamankan area kebakaran dan mengevakuasi pemilik rumah, Amir Hamzah,” ujarnya.

Iptu Edward menjelaskan, pada pukul 24.00 WIB api berhasil dipadamkan. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, beberapa warga yang ikut membantu evakuasi mengalami luka ringan akibat serpihan kaca. Mereka segera mendapatkan perawatan medis di RS Sultan Sulaiman.

” Saat ini sumber api dari penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui. Dan jumlah kerugian yang dialami pemilik rumah belum dapat di pastikan masih dalam penyelidikan,”papar Iptu Edward, Ps,Kasi Humas Polres Sergai.

Sementara itu, Pak Amir Hamzah korban kebakaran itu ditempatkan di kantor desa Firdaus untuk mendapatkan bantuan dan perawatan lebih lanjut.

”Area kejadian telah dijaga ketat dengan garis polisi untuk menghindari gangguan dan memastikan keamanan,”ujarnya.

Menurut Iptu Edward, respons cepat dan koordinasi yang efektif antara Polsek Firdaus, pemadam kebakaran, dan instansi terkait lainnya merupakan faktor penentu dalam mengurangi dampak kebakaran ini.

“Tindakan yang terkoordinasi ini juga menunjukkan komitmen Polsek Firdaus, Polres Serdang Bedagai dalam melindungi dan melayani masyarakat dengan sigap dalam situasi darurat,”pungkasnya. (ind/ys)

bagikan