Gempa 6,5 Magnitudo Guncang Garut

Jakarta – Gempa berkekuatan 6,5 Magnitudo mengguncang Kabupaten Garut pada Sabtu (27/4/2024) WIB malam.

“Telah Terjadi gempabumi dengan kekuatan: 6.5 SR, 116 km BaratDaya GARUT-JABAR, waktu gempa: 27-Apr-24 23:29:47 WIB, Gempa ini tidak berpotensi Tsunami”. Demikian rilis resmi dari BMKG melalui situs resmi www.bmkg.go.id.

Dilaporkan sebelumnya, guncangan gempa, Sabtu malam tersebut dirasakan juga oleh warga di Jakarta dan sekitarnya.

Guncangan di Trenggalek awalnya terasa mengayun pelan. Tidak lama kemudian terdengar suara gemuruh diikuti guncangan yang kuat dan berlangsng sekitar lima hingga tujuh detik.

“Awalnya pelan dan lampu gantung berayun. Kemudian suara gemuruh dan guncangannya semakin kencang, kemudian semakin pelan,” terang Adi, dikutip dari Kompas.Com.

Penjelasan BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menyebut gempa tektonik berkekuatan M 6,5 di Samudra Hindia selatan Jawa Barat ini tidak berpotensi tsunami.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,39° LS 107,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 156 km arah barat daya Kabupaten Garut pada kedalaman 70 km.

Baca juga : Gempa 6,5 Magnitudo Guncang Garut

Gempa 6,1 Magnitudo Guncang Kota Sabang, Aceh

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat atau populer disebut sebagai gempa dalam lempeng ( intra-slab earthquake).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 23.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” katanya.(red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *