Rawan Pohon Tumbang, Warga Desa Simpang Empat Asahan Minta Perhatian Pemerintah

Foto: Sebuah pohon tua tumbang di Desa Simpang Empat, Asahan tutupi badan jalan. (Istimewa).

ASAHANTV | Asahan – Belasan pohon tua yang terdapat di sepanjang jalan Merdeka Sukaraja Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) rawan tumbang dan dapat mengancam keselamatan masyarakat sekitarnya. 

Amatan wartawan, Jumat (19/8/2022) terdapat kurang lebih 17 pohon tua tepatnya di dusun VIII dan XIX Desa Simpang Empat yang rawan roboh sewaktu-waktu jika terjadi hujan lebat dan disertai angin kencang. Kondisi pohon tersebut bahkan diduga telah berusia lebih dari 100 tahun. Masyarakat pun meminta pohon – pohon tersebut untuk ditebang. 

“Kalau sudah ada angin kencang hujan lebat, masyarakat takut melewati jalan ini karena banyak pohon tua yang sudah lapuk bisa saja tumbang di tengah jalan menimpa,” kata Erwin Sinaga, salah seorang warga desa kepada wartawan. 

Bahkan seminggu sebelumnya kata dia, pada Jumat (12/8) dini hari lalu, sebuah pohon tumbang di lokasi tersebut tersebut sempat menimpa rumah warga bernama Saharuddin hingga mengalami kerusakan berat. 

Menurut warga mereka sebelumnya juga pernah meminta untuk penebangan pohon tua tersebut kepada Camat Simpang Empat termasuk Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan melalui kepala dusun setempat. 

“Tapi sampai sekarang belum ada respon. Bahkan untuk evakuasi pohon tumbang karena hujan semalam itu dengan swadaya masyarakat,” katanya. 

Karenanya, warga berharap kejadian ini jangan lagi terjadi dan meminta kepada pihak terkait untuk melakukan penebangan pohon tua disepanjang jalan merdeka khususnya di dusun VIII dan XIX Desa Simpang Empat. (Rawian) 

Jalan Ambles, Warga Dihimbau Untuk Berhati-Hati
bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *