Diduga Ada Kecurangan, Pilkades Desa Sei Paham Ricuh

Pilkades Desa Sei Paham, Sei Kepayang, Asahan ricuh akibat dugaan kecurangan. Foto: Istimewa

ASAHANTV | Asahan – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sei Paham, Kecamatan Sungai Kepayang, Kabupaten Asahan berlangsung ricuh. Kericuhan tersebut dipicu diduga adanya kecurangan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara pemungutan suara, Rabu(7/9/2022).

Warga yang membludak menggeruduk tempat pemungutan suara(TPS) 6 yang diduga melakukan tindak kecurangan.

Kursi dan meja terlihat terbalik serta berkas-berkas suara berserakan di tanah. Meskipun begitu, pantauan wartawan, perhitungan surat suara masih tetap dilakukan dengan pengawalan petugas kepolisian dengan bersenjata lengkap hingga malam hari.

Barisan polisi berhelm dan dilengkapi tameng dan tongkat berdiri dibarisan depan, serta terlihat beberapa orang petugas di barisan belakang memegang senjata gas air mata untuk bersiap-siap mengurai masa.

Meskipun begitu, masyarakat bertahan dengan tetap mengepung TPS 6 dan mempertanyakan maksud panitia membuka kotak suara sebelum dihitung jumlah dan di saksikan oleh saksi salah satu calon.

Soleh Marpaung, tim pemenangan salah satu calon menduga panitia tidak lagi netral dalam melakukan pemungutan suara, dikarenakan sekretaris pemenangan salah satu calon masuk menjadi panitia pemungutan suara.

“Bagaimana bisa, seorang sekretaris tim pemenangan masuk menjadi anggota panitia pemungutan suara. Kami mengatakan kalau pilkades di Desa Sei  Paham ini tidak netral,” ujar Soleh Marpaung.

Selain itu, ia juga mengaku ada beberapa orang yang bekerja di kantor Desa diperdayakan sebagai panitia pemilihan umum. 

“Sehingga kami menduga pemilihan kali ini tidak netral. Banyak kecurangan dan menguntungkan pihak petahana,” ujarnya.

Sementara, hingga pukul 00.30 wib, Kamis(8/9/2022), petugas masih belum selesai melakukan perhitungan suara di TPS 6 di Desa Sei Paham, Kecamatan Sungai Kepayang, Kabupaten Asahan. (red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *