Dituding Aktor Konspirasi Jahat Pilkades, Warga Minta Bupati Copot Kadis PMD Asahan

Massa yang melakukan demo di Kantor Bupati Asahan menuntut Kadis PMD dicopot. (ist)


ASAHANTV | Asahan – Ratusan masyarakat Desa Sei Lunang Kec Sei Kapayang Timur Kabupaten Asahan menggelar demo di kantor Bupati Asahan ,Jalan Jenderal Sudirman Kisaran,Rabu (2/11/2022) sekira pukul 11:00 Wib.

Massa yang datang dengan mengendarai dua unit truk dan puluhan sepedamotor juga membawa soundsystem, spanduk dan poster berisikan hujatan pada Kadis PMD.

Dengan pengawalan aparat dari Polres Asahan dan Sat Pol PP, massa menuntut Bupati Asahan H.Surya BSc agar segera mencopot Kadis PMD Asahan, Hermasyah Siregar S.STP dari jabatannya.

Pasalnya, Kadis PMD Asahan dituding sebagai dalang adanya konspirasi jahat dalam sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2022 di Desa Sei Lunang.

“Kami meminta Bupati Asahan segera mencopot Kadis PMD Asahan,dari jabatannya. Karena dia diduga merupakan aktor jahat yang diduga menyetel salah satu oknum kades terpilih,” tegas Kordinator Aksi, Doni Syahputra dalam orasinya di depan Kantor Bupati Asahan.

Selain itu,kata Doni Syahputra dalam orasinya, kami meminta Bupati Asahan untuk membatalkan Keputusan Bupati Asahan nomor 110.7-Pemasdes tahun 2022 tentang penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan kepala desa Sei Lunang Kecamatan Sei Kepayang Timur Kab Asahan Tahun 2022 antara Sahlan melawan panitia pemilihan Kepala Desa Sei Lunang.

“Kami datang ke kantor yang dibuat dari uang Rakyat ini. Mempertanyakan dan meminta penjelasan kepada kepala Dinas PMD terkait adanya dugaan nepotisme tim pembantu penyelesaian sengketa Pilkades yang telah dibentuk oleh Bupati Asahan,” teriak Solahuddin Marpaung.

“Kami minta batalkan pelantikan Kepala Desa yang terpilih. Karena masih banyak permasalahan yang belum selesai dalam Pilkades kemarin. Ini semua aktornya Kadis PMD dan Kabid nya. Maka dari itu kami minta Kadis dan Kabid PMD agar segera dicopot dari jabatannya,” teriak Alkarim Situmorang.

Setelah beberapa jam para pendemo melakukan orasi secara bergantian di depan kantor Bupati Asahan, akhirnya pendemo diterima oleh Kadis PMD Suherman Siregar dan Kakan Kesbangpol M.Syarif.

Suherman Siregar dalam jawabannya, mengaku sudah menjalankan semua prosedur dalam tahapan penyelesaian sengketa Pilkades.

“Pihak kami sudah melakukan semua permasalahan itu sesuai dengan prosedur. Jadi kami dalam hal ini merupakan penanggungjawab semua permasalahan Sengketa Pilkades yang menjalankan dengan sesuai aturan,” ujar Hermasyah Siregar.

Sementara, Kakan Kesbangpol M.Syarif berjanji pada pendemo untuk datang kembali pada hari Jum’at depan. Supaya bisa bertemu langsung dengan Bupati Asahan.

“Jum’at besok warga Sei Lunang boleh kembali datang ke kantor ini,agar bisa berjumpa langsung dengan Bupati Asahan,” ujar M.Syarif

Setelah mendengar janji M.Syarif,para pendemo akhirnya membubarkan diri dan berjanji akan datang kembali pada Jumat besok, dengan membawa massa yang lebih banyak lagi.

“Terimakasih. Mungkin Jum’at besok kami datang kembali dengan membawa massa yang lebih banyak. Agar Bupati Asahan bisa mendengar langsung semua keluhan rakyatnya dan kesalahan Kadisnya,” ujar Adi Chandra Pranata.(red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *