Dugaan KKN Yang Rugikan Keuangan BUMN, PMPRI Desak Dirut PTPN III Copot GM dan Manager

ASAHANTV | Asahan – Puluhan massa dari Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (DPC PMPRI) Kabupaten Asahan, menggelar aksi unjuk rasa di Kantor PTPN III Kebun Sei Dadap Kabupaten Asahan, Rabu (5/7) sekitar pukul 10:15 Wib.

Dalam aksinya, massa PMPRI meminta dan mendesak Direktur Utama PTPN III (Persero) segera mencopot General Manager (GM) PTPN III Distrik Asahan dan Manager Kebun PTPN III Sei Dadap dari jabatannya. 

Pasalnya, sejak GM dan Manager menjabat di perkebunan milik BUMN tersebut, banyak permasalahan terjadi di kebun dan terdapat indikasi KKN. 

“Kami meminta Dirut PTPN III segera mencopot GM Distrik Asahan dan Manager Kebun Sei Dadap dari jabatannya. Karena sejak keduanya memimpin, diduga telah terjadi mark-up anggaran biaya dalam perawatan dan peremajaan kebun. Adanya tandan buah sawit (TBS) yang diduga sengaja tidak diangkat dan menjadi restan, sehingga praktek seperti ini tentu merugikan keuangan BUMN,” teriak Ketua PMPRI Asahan, Hendra SP dalam orasinya. 

Setelah beberapa jam melakukan orasi didepan kantor PTPN III Sei Dadap dan tidak mendapat tanggapan dari pihak Manager, akhirnya massa demo melanjutkan aksinya ke Kantor Distrik PTPN III Asahan Jalan Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane. 

Sampainya dilokasi, pendemo kembali melakukan orasi secara bergantian meminta dan mendesak agar Dirut segera mencopot Manager kebun. Usai beberapa jam melakukan orasi secara bergantian, akhirnya 4 orang perwakilan pendemo pun diterima oleh Kerani I yang mengaku Kabag Humas PTPN III, Japinde Sialoho, APK Sei Dadap, Reza dan Askep A. Nababan. 

Dalam jawabannya, A. Nababan membantah semua tudingan dari DPC LSM PMPRI Asahan. Menurutnya TBS yang restan dibawah 5 kg  tidak diangkut ke pabrik, sedangkan yang diatas 5 kg dibawa ke pabrik.

Usai mendengar jawaban yang tidak memuaskan dari pihak PTPN III tersebut, massa PMRI memilih membubarkan diri namun mengancam akan kembali melakukan aksi demo lanjutan di Kantor Direksi PTPN III Kota Medan Sumut. (red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *