Tempat Kita Berbagi Berita

Start Posisi 13, Francesco Bagnaia Juara MotoGP Mandalika 2023

Photo: Francesco Bagnaia usai menang dramatis di MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023). Dok: dtc

ASAHANTV | Lombok – Pembalap Ducati Francesco Bagnaia memberikan komentar menohok usai menang dramatis di MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023).

Francesco Bagnaia diprediksi banyak pihak akan kehilangan puncak klasemen MotoGP 2023 usai gagal podium di Sprint Race, dan start dari posisi 13 di MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023.

Jorge Martin yang menang di Sprint Race menggeser posisi Bagnaia. Akan tetapi kejutan dibuat Bagnaia di pada seri ke-15 MotoGP 2023 itu.

Meskipun start dari posisi ke-13, Bagnaia memberikan perlawanan sengit. Mulai dari melesat ke posisi keenam, lalu meningkat ke peringkat ketiga. Puncak penampilan gemilang pembalap asal Italia itu adalah menyalip Maverick Vinales untuk menempati posisi terdepan.

Pencapaian apik Bagnaia itu pun mematahkan prediksi banyak pihak sebelum balapan. Komentar menohok pun diberikan pembalap 26 tahun tersebut usai balapan.

“Terkadang orang terlalu banyak bicara. Lebih baik menunggu dan berbicara nanti. Itu alasannya,” kata Bagnaia usai balapan.

Bagnaia mengungkapkan rahasia dalam membuat kejutan dengan tampil heroik di MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix. Rahasia yang dimaksud Bagnaia adalah mematikan telepon selular.

“Hal terakhir yang saya lakukan kemarin ketika saya mematikan smartphone saya adalah berpikir bahwa sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal hari ini dan berjuang untuk kemenangan,” tutur Bagnaia.

“Kami membutuhkan itu dan kami pantas mendapatkannya. Ini merupakan dorongan besar untuk sisa balapan,” ucap Bagnaia menambahkan.

Di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023), Jorge Martin tampil dominan. Pebalap 25 tahun itu sudah merebut posisi terdepan dengan posisi start keenam sejak tikungan 1.

Jorge Martin crash saat balapan menyisakan sebanyak 14 putaran. Dia kehilangan grip saat menikung di turn 11, Maverick Vinales menjadi rider terdepan.

Bagnaia mampu mengambil keuntungan jatuhnya Jorge Martin. Dia bisa menjadi pebalap terdepan saat delapan lap tersisa.

Hingga balapan selesai Bagnaia tak terkejar lagi. Dia sukses merebut kemenangan keenam di MotoGP 2023 usai melahap 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik.

Melengkapi podium Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 ada Vinales dan rider Yamaha, Fabio Quartararo.

Dengan kemenangan ini, Bagnaia mampu kembali ke posisi teratas klasemen MotoGP 2023. Dia mengumpulkan sebanyak 346 poin. Jorge Martin tetap ada di posisi kedua klasemen MotoGP 2023. Gagal finis, angkanya tertahan di 321 poin.(cnn/dtc)

Hasil Pertamina Grand Prix of Indonesia

1. Francesco Bagnaia – 41 menit 20,293 detik.

2. Maverick Vinales

3. Fabio Quartararo

4. Fabio Di Giannantonio

5. Marco Bezzecchi

6. Brad Binder

7. Jack Miller

8. Enea Bastianini

9. Alex Rins

10. Aleix Espargaro

11. Takaaki Nakagami

12. Miguel Oliveira

13. Raul Fernandez

14. Franco Morbidelli

bagikan