Tempat Kita Berbagi Berita

Setelah 12 Tahun, Akhirnya Kota Medan Kembali Raih Adipura

Photo: Piala Adipura untuk Kota Medan. (Dok: Ist)

ASAHANTV | Medan – Kota Medan akhirnya meraih penghargaan Piala Adipura setelah absen 12 tahun lamanya.

Penghargaan ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada kota yang dinilai yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Atas keberhasilan ini, ucapan selamat pun langsung disampaikan DPRD Medan dalam Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Tahun Anggaran 2023 yang digelar pada hari yang sama di gedung dewan.

Penghargaan Presiden Republik Indonesia ini diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong didampingi Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Rosa Vivien Ratnawati, Selasa (5/3/2024) di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta, diterima Wali Kota Bobby Nasution diwakili Kadis Lingkungan Hidup Medan, Muhammad Husni.

Bobby Nasution mengatakan, penghargaan ini hasil kolaborasi Pemko Medan dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang penanganan sampah dan lingkungan hidup di kota ini.

“Penghargaan ini juga tidak lepas dari peran masyarakat yang peduli dan menjaga kebersihan lingkungan,” ungkapnya sembari mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, Adipura merupakan agenda nasional yang telah bergulir sejak tahun 1986.

Pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaah sampah dan ruang terbuka hijau, penilaian kondisi operasional dari TPA, serta melihat inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan. (mu/Ind)

bagikan