Sampah Rumah Tangga Jarang Diangkut, Warga Kecewa Kinerja DLH Asahan

Kendaraan pengangkut sampah DLH Kabupaten Asahan (Ist)

ASAHANTV | Asahan – Sejumlah warga Kelurahan Sentang, Kota Kisaran Timur, Kabupatem Asahan mengeluh dan kecewa dengan kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Asahan yang diduga tidak beres.

Pasalnya, sampah rumah tangga warga tak rutin diangkut oleh petugas. Sehingga, kerap menghasilkan bau menyengat dan dikhawatirkan menjadi sumber penyakit bagi warga kelurahan.

“Seminggu sekali baru diangkut, kadang lebih dari seminggu. Apalagi musim hujan seperti ini, sampah inikan busuk dan mengakibatkan bau. Kami khawatir, akan menjadi penyakit bagi warga sekitar,” ujar Nur Sri Handayani (31) warga Kelurahan Sentang kepada wartawan, Rabu (16/11) dirumahnya.

Selain bau busuk jadi sumber penyakit, kata Nur Sri Handayani, akibat sampah busuk tidak diangkat, banyak binatang kecil yang kerap masuk kedalam rumah yang diduga berasal dari tumpukan sampah rumah tangga milik warga.

“Kadang berbelatung, kemudian lalat dan kecoa serta ulat sering masuk kerumah. Karena sampah yang tak kunjung diangkat oleh petugas sampah,” katanya.

Senada dengan Nur, ibu rumah tangga lainnya, Selsa Isabana (28) warga Perumahan Pertiwi Permai Kel Sentang yang ditemui wartawan, Rabu (16/11/2022) mengaku kecewa dengan kinerja DLH Kabupaten Asahan 

Menurutnya, petugas DLH Asahan sangat tidak bertanggung jawab atas sampah yang semestinya diangkut tiga kali dalam seminggu yang ada dirumah warga 

“Sampah ini kami bayar biaya angkutnya. Memang gak besar, tapi tanggung jawabnya itulah. Seharusnya seminggu tiga kali, ini seminggu sekali kadang juga lewat seminggu,” katanya.

Sementara, petugas pengangkut sampah yang pernah dikonfirmasi wartawan saat mengangakut sampah, mengaku pihaknya jarang mengangkut sampah di Kelurahan Sentang karena kendaraan yang mereka bawa sering rusak, makanya mereka jarang bekerja mengangkut sampah.

“Sepeda motor bak sampah yang kami bawa banyak rusak Bang. Jadi kami ganti gantian membawa motor sampah Bang. Jadi maklum aja lah bang,kalau kami angkut sampah zeminggu atau dua minggu sekali ke Sentang ini,” ujar pengangkut sampah saat itu.

Terpisah,Kadis DLH Asahan, Rahmad Hidayat Siregar ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (16/11) sekira pukul 17:10 Wib melalui saluran WhatsAppnya, tidak mau menjawab. Alasannya lagi rapat.

“Maaf Bro, saya lagi rapat. Nanti aja telpon lagi katanya singkat.(red)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *